PT. MITASO BAJA RINGAN

Ternyata 5 Hal Ini Pengaruhi Harga Baja Ringan Di Pasaran

harga baja ringan

Harga baja ringan (light steel) dipengaruhi oleh berbagai faktor. (foto:freepik)

Harga baja ringan (light steel) dipengaruhi oleh berbagai faktor. Diantara banyak faktor tersebut, ada 5 hal yang sangat berpengaruh. Diantaranya :

  1. Merk atau Brand.

Tak dapat dipungkiri, faktor pertama yang dilihat orang sebelum membeli baja ringan adalah merk atau brand. Merk yang ternama dan sering muncul di iklan layar kaca maupun di media lainnya, seringkali mempengaruhi keputusan orang untuk membeli. Biasanya merk ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan merk yang belum terkenal ataupun jarang muncul iklannya di media. Merk internasional seperti Bluescoope ataupun merk lokal Tasso biasanya harganya lebih tinggi dibanding merk-merk lainnya.

  1. Kualitas Material Bahan Baku

Material bahan baku baja ringan, yaitu galvalume atau juga zincalume juga memegang peranan penting dalam mempengaruhi harga baja ringan. Bahan baku baja ringan yang mempunyai kandungan lapisan coating yang tebal, umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dibanding dengan yang kandungan lapisannya tipis. Faktor pengukurnya adalah nilai AZ (Aluminium Zinc). Semakin tinggi nilai AZ pada bahan baku, akan semakin tinggi pula harganya. Misalnya suatu bahan memiliki nilai AZ 100, maka harganya akan lebih mahal dibanding dengan bahan yang memiliki AZ 70.

  1. Lokasi Kota

Faktor lokasi kota dimana baja ringan diperjualbelikan, menambah satu poin lagi terhadap harga jual baja ringan. Biasanya kota-kota yang memiliki pelabuhan dan terutama pelabuhan yang berskala internasional, akan memiliki harga jual lebih rendah dibanding kota-kota yang tidak memiliki pelabuhan. Ini tentunya dikarenakan ada faktor tambahan cost (biaya) untuk mendistribusikan bahan-bahan baku baja ringan tersebut.

  1. Iklim

Mengapa iklim menjadi salah satu faktor penentu harga baja ringan di pasaran? Hal ini dimungkinkan karena di Negara beriklim tropis seperti Indonesia, pembangunan konstruksi sipil lebih banyak dilakukan saat musim kemarau. Sehingga pada saat musim ini, terjadi permintaan yang meningkat pada bahan baku baja ringan, yang pada gilirannya mempengaruhi pula harga jualnya.

  1. Faktor Eksternal

Faktor eksternal disini adalah adanya kebijakan-kebijakan peraturan tata niaga baja ringan yang bisa juga mempengaruhi harga jual baja ringan. Seperti misalnya baru-baru ini ada peraturan tentang pengaturan kuota impor bahan baku baja dan juga baja ringan. Peraturan ini bertujuan melindungi industri baja dan baja ringan dalam negeri agar tetap bisa bertahan terhadap serbuan produk bahan baku dari Negara lain.

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?