PT. MITASO BAJA RINGAN

Manisnya Peluang Bisnis Pemasiran Genteng Metal

Share this article to:
Manisnya Peluang Bisnis Pemasiran Genteng Metal

Manisnya Peluang Bisnis Pemasiran Genteng Metal

Genteng Metal Pasir Menggantikan Peran Genteng Tanah Liat

Pesatnya pertumbuhan pembangunan perumahan di kota-kota besar meningkatkan permintaan akan material bahan bangunan. Salah satu bahan bangunan yang permintaannya meningkat tajam adalah genteng metal pasir.  Genteng metal pasir menggantikan peranan genteng tanah liat yang sedikit demi sedikit sudah mulai ditinggalkan. Selain karena beban berat dari genteng tanah liat tersebut, juga dikarenakan kepraktisan genteng metal pasir bila disandingkan dengan rangka atap yang saat ini juga sudah mulai menggunakan baja ringan bukan lagi kayu.

Disebut genteng metal pasir karena adanya lapisan pasir diatas permukaan genteng metal. Fungsi pasir ini adalah untuk meredam kebisingan suara yang ditimbulkan dari benturan air hujan yang mengenai permukaan genteng metal saat hujan. Fungsi lainnya adalah juga dapat meredam panas akibat terpaan sinar matahari yang mengenai permukaan genteng metal saat cuaca terik menyengat di siang hari.

Peluang Yang Bisa Ditangkap

Proses pemasiran ini masih dilakukan secara manual dikarenakan belum terdapat mesin yang bisa menggantikan fungsi pemasiran tersebut. Kalaupun ada, mesin tersebut akan sangat mahal harganya dikarenakan harus menggabungkan beberapa proses mekanik dan kimiawi secara berurutan.

Peluang inilah yang kemudian ditangkap oleh pelaku usaha utamanya industri UKM (Usaha Kecil dan Menengah) untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi usahanya. Tidak diperlukan suatu keahlian yang khusus untuk dapat menjalankan bisnis ini. Sehingga tenaga kerjapun tidak membutuhkan skill yang tinggi. Pekerja dengan batasan minimum SMP pun dapat mengerjakan proses pemasiran genteng metal ini. Namun tentunya dibutuhkan kiat usaha tertentu agar bisnis ini tetap eksis dan berkesinambungan.

Kiat Bertahan Di Era Persaingan Ketat Bisnis Pemasiran genteng Metal

Ada 4 Kiat agar bisnis pemasiran genteng metal dapat bertahan lama. Diantaranya :

  1. Pemilihan Bahan Baku Yang Sesuai.

Genteng metal pasir yang baik adalah yang tidak luntur warna pasirnya saat terkena terpaan sinar matahari dan air hujan. Untuk itu pasir yang digunakan haruslah dapat menahan kedua serangan tersebut. Pasir yang tidak luntur adalah pasir yang bisa menyerap zat warna yang disemprotkan pada proses pengecatan. Dalam artian warna tersebut bisa menempel kuat pada butiran pasir.

  1. Pemilihan Jenis Perekat Yang Kuat.

Perekat yang baik adalah perekat yang mempunyai kemampuan mencegah rontoknya butiran pasir saat terkena terpaan sinar matahari dan air hujan. Biasanya orang menggunakan perekat polymer yang mempunyai ketahanan yang kuat terhadap iklim di daerah tropis seperti di Indonesia ini.

  1. Proses Pengeringan Yang Memadai.

Proses pengeringan tidak saja mengandalkan proses alami yaitu dengan menggunakan panas matahari, tetapi juga harus mempunyai pemanas buatan (oven). Hal ini selain agar pengeringan lebih maksimal, juga dapat menghemat waktu.

  1. Mempertahankan Kualitas Hasil Produksi.

Bila telah mendapatkan SOP (Standar Operating Prosedur) yang tepat, agar tetap dipertahankan sehingga dapat menjaga keseragaman mutu dan kualitas dari genteng metal pasir itu sendiri. Bila mutu dan kualitas dapat dipertahankan terus, maka otomatis orang akan mencari kita untuk memasirkan genteng metalnya.